Senin, 18 April 2016

Cara Mematikan Auto Update di Windows 10

Halo juragan!

Secara otomatis, windows 10 melakukan update rutin setiap harinya. Bagi pengguna internet unlimited hal ini tidaklah menjadi masalah yang besar. Tapi bagi pengguna modem, bisa menjadi penguras kuota. Karena ukuran file nya besar, maka sudah pasti kuota kita akan tersedot. Pastinya gak nyaman banget, baru isi kuota tiba-tiba habis karena disedot si windows update. Duh!

Nah pastinya pada bingung tuh dimana sih opsi untuk mematikan windows update? Sudah 404 kali dicari tapi kok gak ketemu yah... Hmmm... Opsi ini membutuhkan sedikit banyak usaha, karena tidak tersedia seperti di versi-versi windows sebelumnya. Oh ya, bagi juragan yang punya internet unlimited lebih baik tidak usah dimatikan, karena update bertujuan untuk menambal kekurangan dari sistem windows itu sendiri. Tapi kalau mau dimatikan ya nggak apa-apa. Oke langsung saja cekidots.

Pertama-tama kita harus membuka jendela "Run". Bisa dengan menggunakan tombol shortcut "windows + R". Atau dengan mengarahkan mouse ke tombol start, lalu klik kanan di tombol start, dan pilih "Run".

Arahin ke tombol start

Klik kanan, lalu pilih "Run"
Setelah muncul jendela Run, kemudian ketik : "gpedit.msc", dan tekan enter.


Arahkan ke "Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update". Lalu dobel-klik "Configure Automatic Updates".


Akan muncul jendela pengaturan "Configure Automatic Updates". Kemudian pada radio button di sebelah kiri, pilih opsi"Enabled". Kemudian pada menu drop-down "Configure automatic updating: ", pilih opsi "2 - Notify for download and notify for install". Kemudian, klik OK. Lihat contoh gambar di bawah, sesuaikan pengaturannya.

Sesuaikan dengan gambar ini juragan
Kemudian, buka Settings > Update & Security. Pada menu "Windows Update" akan muncul tulisan "Some settings are managed by your organization". Lalu apabila kita pilih "Advanced options", maka pilihan untuk update akan ditandai abu-abu dan tidak bisa diklik.


Voila! Sekarang windows 10 juragan tidak akan update otomatis lagi. Apabila bingung, silahkan bertanya di kolom komentar ya juragan!

Tidak ada komentar:
Write komentar